Senin, 24 Juli 2017

Manusia pasti membutuhkan adanya makanan dan minuman yang bergizi untuk kebutuhan tubuh. Terutama juga bagi ibu yang mengandung janinnya untuk nutrisi dalam rahim tersebut. Ibu yang sedang mengandung dalam masa pertumbuhan dan penuh kerentanan dalam masa kehamilan, bahwa diketahui pada trimester pertama merupakan awal yang paling sering dalam keguguran. Dalam masa kehamilan ibu begitu banyak pantangan makanan ibu hamil yang tidak harus dipenuhi saat mengandung. Misalkan saja pada adat jawa begitu banyak pantangan makan bagi ibu untuk menjaga janin dalam rahim. Kehamilan pada ibu adalah hal yang personal bagi ibu. Sebenarnya pada pantangan makanan itu berbeda-beda tergantung pada kebutuhan masing-masing orang dengan sesuai kebutuhan. Akan tetapi setidaknya lebih baiknya ibu memiliki panduan dimasa kehamilan.



Berikut hal-hal yang menjadi pantangan bagi ibu hamil, diantaranya :

1. Merokok dan Minuman Keras
Hambatan pada pertumbuhan janin akan mempengaruhi pada ibu yang sedang hamil, gangguan pada plasenta akan meningkat pada ibu yang merokok,risiko bayi prematur, dan juga keguguran. Walaupun tidak merokok, sebaiknya juga menghindari asap rokok atau sering disebut sebagai perokok pasif. Risiko dengan menghisap asap rokok atau pasif akan mempengaruhi pada ibu hamil dan janin yang menjadi berat badan dibawah normal pada janin. Selain itu juga, bahwa pada tiga bulan pertama saat mengandung sangat rawan terkait dengan minuman keras. Sebab ini meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

2. Makanan dan Minuman Berkafein
Sering mengonsumsi minum yang mengandung berkafein pada dua cangkir kopi instan ini setara dengan 200 mg kafein setiap harinya. Selain kopi, ibu juga harus mewaspadai kafein dalam coklat, minuman soda dan berenergi, dan juga teh. Apabila mengonsumsi kafein dalam sehari lebih dari 200 mg maka akan berisiko kehamilan pada ibu akan mengalami keguguran.

3. Minum Obat Sembarangan
Pada saat ibu mengandung obat yang bebas dikonsumsi dipakai saat tidak hamil akan berbahaya apabila dikonsumsi saat hamil. Maka harus diperiksakan obat terlebih dahulu agar tidak membahayakan janin pada ibu.

4. Makanan dengan Porsi Besar dan Tergesak-gesak
Pada ibu yang sedang hamil, hormon estrogen dan progesteron pada tubuh ibu akan meningkat maka ibu akan lebih sensitif mencium aroma bau-bauan yang tertentu. Misalnya saja bau parfum, asap rokok, dan juga bau-bau masakan. Pada aroma ini sering menjadi salah satu penyebab ibu mengalami mual dan muntah saat awal kehamilan. Makan saat tergesak-gesak atau terburu-buru pada ibu akan menyebabkan nyeri ulu hati, hal ini menjadi salah satu pantangan bagi ibu. Ibu yang mengonsumsi makanannya dengan porsi kecil tetapi lebih sering dilakukan itu lebih baik. Hindari  mengonsumsi makanan yang bersoda, buah atau juga jus jeruk, gorengan, dan makanan yang pedas.

5. Bertahan dengan Bra Biasa
Hal ini juga harus diperhatikan dalam kehamilan pada hormon akan menyebabkan beberapa perubahan pada ibu hamil, pada payudara ibu menjadi lebih sensitif, bengkak dan juga nyeri. Payudara ini biasanya akan menjadi terasa berat dan penuh mungkin untuk mengatasi ini bisa menggunakan bra khusus agar tidak menimbulkan rasa sakit.

6. Konsumsi Makanan Tidak Sehat
Pola makan sehat tetap harus dijaga guna mempertahankan janin dalam masa pertumbuhan dan juga perkembangan yang lebih baik. Kecukupan dengan mengonsumsi sayur, buah, dan juga air mineral untuk memenuhi serat tubuh agar tidak terabaikan. Namun pada masa kehamilan, trimester pertama, hal yang harus diperhatikan dengan menghindari makanan yang berisiko bakteri, parasit, ataupun juga racun, seperti telur setengah matang, hati, keju, dan ikan mentah.

Maka dari itulah ibu yang sedang hamil harus menjaga pola makannya dalam mengonsumsi makanan. Pada saat membeli makanan hendaknya diperhatikan dengan teliti dari kondisi makanan tersebut ataupun juga cek kedaluwarsaannya. Perlu juga memperhatikan tempat penjualannya yang bersih. Ingat kesehatan ibu dan janin adalah menjadi prioritas yang paling utama. Sebaiknya juga lebih berhati-hati dalam menyiapkan makanan. Memperhatikan asupan makanan ini menjadi sangat penting ketika pilihan makanan yang tepat, dan memperhatikan proses persiapannya, dan juga termasuk kebersihan makanan pada ibu hamil.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts