Selasa, 26 September 2017

India

Masih ragu untuk menjadi solo traveler atau berlibur sendirian ? Dikutip dari Buku Naked Traveller, ada tiga indikator agar kamu tahu sudah siap atau belum menjadi solo traveller di antaranya: pergi ke undangan sendirian, makan sendiri di cafe atau restoran, dan tidak membawa teman saat menonton. Jika sudah memenuhi dari tiga indikator itu berarti kamu bisa pergi solo traveler. Bepergian sendiri lebih leluasa dalam menentukan destinasi wisata yang diinginkan, aktivitas apa yang akan dilakukan, menentukan waktu dan jenis penginapan serta memilih transportasi. Bahkan jika pergi sendiri, kamu pun bisa membeli tiket pesawat Garuda Indonesia tanpa harus berpikir kemampuan bujet dari teman traveller lainnya.  

Nah, jika kamu suka Bollywood temen kamu sukanya Hollywood, lebih baik solo travelling aja ke India. Pasti akan menjadi liburan yang lebih menyenangkan karena lebih bisa menikmati. Namun, sebelum memesan tiket pesawat, ada hal-hal yang kamu pelajari ketika berlibur di India. Berikut ini panduan mudah yang bisa kamu ikuti saat solo travelling pertama kali ke India, di antaranya:

1. Pilih Waktu yang Terbaik ke India
India terkenal dengan Holly Festival yang biasanya diadakan awal Maret setiap tahunnya. Saat Maret di India sedang mengalami musim semi. Selain bisa mengikuti Festival Holi, kamu pun bisa menikmati suasana alamnya yang segar saat bunga-bunga. Hingga buah-buahan yang dijual dengan harga murah. Bulan Maret juga saat yang tepat jika ingin berkunjung ke Kashmir. Beberapa wilayah di India memiliki iklim yang berbeda-beda. Misalkan saja India Utara yang berbatasan dengan Pakistan memiliki iklim yang unik karena beberapa wilayahnya bersalju atau iklimnya hampir sama dengan Eropa. Sedangkan India Selatan hanya dua musim seperti Indonesia. 

2. Cari Tahu Tentang VoA di India
India memiliki kebijakan bahwa setiap wisatawan harus memiliki Visa. Caranya pun mudah, kamu bisa langsung datang ke Kedutaan India di Kuningan Jakarta atau mengurus lewat online. E-tourist  bisa digunakan ke 16 Bandara seperti Delhi, Ahmedabad, Amritsar, Bengaluru, Chennai, Cochin, Varanasi Gaya,  Hyderabad, Jaipur, Kolkata, Lucknow, Mumbai, Tiruchirapalli, Trivandrum & Goa. Biaya pengajuan E-tourist Visa yakni $ 48 atau dikonversikan ke rupiah sekitar Rp. 640.000 an dan akan di-validasi maksimal dua hari kerja. Dirangkum dari berbagai sumber ada beberapa wilayah di India yang dapat menerima Visa on Arrival. Namun, saat tiba di India tentu prosesnya pun akan lama.

3. Jangan Terjebak dengan Tiket Promo
Maskapai penerbangan full service yang menyediakan destinasi ke Indonesia, salah satunya Garuda Indonesia. Tiket pesawat Garuda Indonesia jika dilihat dari layanan pemesan online reservasi.com berkisar Rp 2,8 juta hingga Rp 5 juta sekali jalan. Tergantung tanggal keberangkatan dan Bandara tujuan di India.  Sedangkan tiket promo ada satu maskapai penerbangan yang memberikan promo besar-besar bahkan dengan kocek Rp 3 juta kamu sudah bisa mendapatkan tiket pulang pergi. Namun, kita perlu cermat dan jeli. 

Beberapa di antaranya menerapkan ketentuan seperti mendarat di Kolkatta (India Selatan) sedangkan destinasi wisata di India Utara. Kamu akan menghabiskan waktu untuk berhari-hari di kereta api. Dan jika ingin cepat bisa menggunakan pesawat antar kota di India tetapi dengan merogoh kocek yang lebih dalam. Dan yang lebih sering adalah tiket promo ditawarkan hanya bersifat one way. Maka dari itu, sebaiknya saat solo traveling ke India untuk pertama kalinya, pilihlah maskapai yang full service contohnya booking tiket pesawat Garuda Indonesia. Kamu bisa duduk nyaman, mendapatkan makanan dan bagasi, serta kedatangan pun cepat dan bisa langsung ke Delhi. Meskipun menggunakan maskapai yang full service, kamu masih bisa mendapatkan tiket pesawat murah dengan memasukkan kode promo saat memesan dari reservasi.

4. Pahami Rute di India 
India termasuk negara terbesar di Dunia, jangan sampai kamu banyak menghabiskan waktu di perjalanan. Untuk transportasi dalam kota lebih baik gunakan kereta api karena lebih murah dan cepat. Namun, kamu harus memesannya dari jauh hari melalui layanan online. Tiket pesawat murah dari Indonesia biasanya ke Bandara di daerah Hyderabad. Namun, kamu harus menempuh waktu 23 jam jika ingin berkunjung ke Taj Mahal yang berada di Kota Agra. Sedangkan dari Delhi menggunakan kereta hanya dua jam. Dari Delhi juga kamu bisa pergi ke wilayah lainnya yang menarik dan dekat seperti ke kota kelahiran Dewa Khrisna yang hanya dua jam dari Delhi dan 30 menit dari Agra. Lebih baik bawa peta atau gunakan google map dan itinerary yang telah dibuat. 

5. Jaga Kesehatan dan Keselamatan 
Sebelum pergi ke India, cari tahu modus-modus kejahatan yang ada di India. Apalagi oknum pria di India berani untuk menggoda para turis perempuan. Bersikapnya sewajarnya jangan terlalu ramah hingga terlihat kita adalah turis. Jika berani kamu bisa menggunakan pakaian sari dan kadang berbaur dengan masyarakat lokal. Saat membeli air mineral, pastikan terdapat tanda INS (India National Standard) dan hindari menggunakan air minum keran. Serta bawalah padlock untuk ransel. 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts