Sabtu, 02 Februari 2019

Kemunculan batik terbaik Indonesia sudah ada sejak nenek moyang Indonesia masih hidup. Dalam upaya merawat warisan budaya, kini produksi batik sudah menyeluruh ke segala penjuru Indonesia. Bahkan sudah tersebar hingga mancanegara. Butuh keterampilan seni lukis yang tinggi untuk menghasilkan motif batik berkualitas. Di samping itu, kenapa setiap batik memiliki motif berbeda-beda ?


1. Sebagai Bentuk Keanekaragaman Indonesia
Umum diketahui kalau Indonesia terbentuk dari banyak agama, ras, dan suku bangsa. Semuanya menyatu dalam irama kemerdekaan 1945. Kemunculan variasi motif batik bisa menjadi sinyal kuat bahwa meski Indonesia berbeda suku bangsa, tetapi tetap saudara. Jadi Anda jangan mengaku Indonesia kalau sama saudara saja sering merendahkan.

2. Agar Bisa Dipakai di Banyak Daerah
Produksi batik terbesar bisa Anda temukan di Solo, Pekalongan, maupun Yogyakarta. Namun, kalau Anda ingin memakai batik dengan motif dan ciri khas daerah Anda juga bisa. Inilah kemampuan batik yang bisa beradaptasi dengan kekhasan daerah mana saja. Tinggal bagaimana para pengrajin daerah setempat terus berkreasi menciptakan motif unik dan khas.


3. Punya Makna Simbolik
Setiap motif batik pasti memiliki nama sebagai identitasnya. Tidak hanya nama. Mayoritas pasti memiliki makna yang bervariasi tergantung inspirasi awal saat pembuatannya. Terkecuali batik modern. Jenis batik ini cenderung bebas dan tidak terikat dengan lokalitas. Semakin dalam makna motif batik biasanya semakin bernilai harganya.

4. Bukti Pengrajin Batik Terus Berinovasi
Berapa jumlah pengrajin batik di Indonesia? Banyak sekali. Ini menandakan bahwa batik tidak akan pernah surut. Terlebih lagi saat batik banyak dipromosikan oleh pemerintah ke hadapan dunia. Peluang untuk buka usaha batik pun meluas. Hal ini kemungkinan besar yang melecut semangat calon maupun ahli pembatik untuk lebih banyak berinovasi.

Beberapa motif batik terkenal meliputi motif keraton, kawung, lereng, parang kusumo, dan lebih banyak lagi. Pasar yang menyediakan busana batik kini gampang ditemukan di mana-mana. Berbeda sekali saat dulu batik belum dipromosikan besar-besaran seperti sekarang. Bahkan penggunaan batik bisa jadi tren, lho. Anda bisa menyelaraskan pakaian batik dengan pasangan Anda. Biar keluarga tampak harmonis.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts