Senin, 01 Juni 2020

Perawatan Mobil

Akhirnya bisa memiliki mobil impia berkat promo terbaik mobil Mitsubishi Xpander dari Dipo Star Finance. Namun karena membelinya di musim hujan dan tinggal di area rawan banjir, mobil kesayangan yang baru dibeli harus rela terendam banjir.
Meskipun banjir yang terjadi tidak terlalu parah, Anda tetap harus tahu bagaimana memperlakukan mobil setelah terendam banjir agar tidak semakin parah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya :

  • Jangan Langsung Menyalakan Mesin
Sebaiknya Anda jangan langsung nyalakan kendaraan Anda yang telah terendam banjir. Anda dapat memeriksa bagian saringan udara mobil terlebih dahulu. Kemungkinan besar air banjir sudah masuk ke dalam mesin sehingga jika Anda langsung menyalakan mesin dapat memicu kerusakan di dalam mesin. 
  • Pindahkan Mobil dengan Cara Didorong
Jika Anda memang diharuskan untuk memindahkan posisi mobil, maka lakukan dengan cara didorong. Jangan pernah coba menyalakan mesin meskipun hanya sebentar karena ini akan semakin memperparah risiko kerusakan pada mobil.
  • Keringkan Bagian Interior Mobil
Kondisi mobil yang terendam banjir sudah dipastikan bagian interior mobil terendam oleh air. Setelah banjir reda Anda dapat langsung melepas komponen interior mobil yang dapat dilepas seperti karpet, jok dan bagian lainnya. Air yang didiamkan membasahi interior mobil dapat menyebabkan munculnya bau tidak sedap, noda yang tidak bisa hilang, dan yang paling parah adalah karat. 
  • Bersihkan Interior Plastik
Bagian interior mobil yang berbahan plastik seperti gagang pintu, tombol konsol tengah dan lainnya hendaknya segera dibersihkan dengan menggunakan pembersih interior khusus atau dengan sabun cuci mobil. Jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering, pastikan sudah tidak ada kotoran yang menempel. Selain itu, perhatikan juga bagian-bagian sudut dan pastikan area tersebut telah bersih.

Jangan lupakan Anda juga harus membersihkan bagian kulit jok serta karpet mobil. Gunakan pembersih interior mobil dan semprotan khusus. Karpet dengan tekstur yang sedikit lebih padat, biasanya harus dibersihkan dengan sikat. 
Anda juga dapat memanfaatkan asuransi mobil untuk mengatasi persoalan ini. Tentunya jika asuransi yang Anda gunakan memiliki pertanggungan untuk perlindungan ini. 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts