Selasa, 01 Desember 2020

Rambut rontok
Ilustrasi rambut rontok


Setiap orang apalagi wanita pasti pernah mengalami rambut rontok. Meski demikian, melihat beberapa rambut yang sering berjatuhan mudah patah bisa jadi hal yang menakutkan bagi wanita. Belum lagi rambut yang berjatuhan usai keramas. Memang banyak beragam rambut rontok, seperti halnya lingkungan yang mengharuskan harus sering-sering terpapar matahari. Tidak hanya itu saja, kondisi pola makan gak sehat hingga stress berlebih karena menjadi awal mula terjadinya rambut rontok. Dan juga, dengan kebiasaan dengan melakukan gaya rambut mulai dari proses pewarnaan, keriting, catok, atau juga sekedar hanya mengeringkan rambut memakai hairdryer yang terlalu panas. Hal inilah yang membuat rambut tidak sehat yang kurang tepat dilakukan perawatan rambut maka gunakan shampoo untuk rambut rontok agar rambut tidak terus rontok dan menjaga rambut tetap sehat.

 

Masalah kerontokan pada rambut jangan pernah disepelekan sebab hal ini terbilang wajar dialami oleh banyak orang. Apabila terjadi secara terus menerus maka permasalahan pada rambut rontok harus sangat diwaspadai. Bisa juga hal ini pertanda bahwa adanya masalah kesehatan yang lebih serius dalam tubuh. Bila dibiarkan dan tidak segera ditangani bisa menyebabkan kebotakan. Proses alami yang terjadi pasti akan dialami oleh setiap orang, pertumbuhan dan juga perkembangan rambut manusia ini ternyata memiliki siklus tersendiri. Yang mana ada beberapa fase harus dilalui, yaitu fase pertama disebut anagen pada tahap ini rambut mengalami pertumbuhan secara aktif pada fase ini juga rambut akan terus tumbuh dan panjang seiring berjalannya waktu. Setelahnya, akan mengalami yang namanya face katagen atau fase istirahat yaitu rambut akan berhenti tumbuh. Pada fase terakhir telogen, penyebab rambut selalu mengalami sebuah kerontokan yang secara alami. Maka, pada fase ini rambut benar-benar akan berhenti tumbuh dengan sendirinya. Apabila rambut terjadi secara terus menerus rontok berkepanjangan maka penyebabnya tidak hanya dipengaruhi oleh siklus alami saja.

 


Ciri-ciri penyebab rambut rontok yang harus diwaspadai

1. Rambut rontok lebih dari 100 helai perhari

Batas normal rambut rontok perharinya 100 helai menurut American Academy of Dermatologists, jika rambut setiap hari sangat banyak dan melebihi dari batas jumlah normal tersebut maka harus waspada. Sangat perlu diperhatikan siklus kerontokan rambut.

 

2. Rambut disisir mudah rontok hanya dengan jari

Rambut rontok sangatlah tidak wajar apabila disisr hanya dengan sebuah menggunakan jari. Karena, rambut yang sehat seharusnya memiliki sebuah akar yang cukup begitu kuat dan tidak mudah tercabut dengan begitu saja. Apabila banyak rontok rambut saat disisir menggunakan jari harus sangat diwaspadai, dan segera lakukan konsultasi dengan dokter.

 

3. Rambut rontok merupakan rambut yang sudah patah

Kondisi ini merupakan rambut utuh memang tercabut dari akarnya. Jika rambut patah atau tercabut pada bagian tengahnya saja maka itu bisa dikatakan rambut dalam situasi tidak sehat. Hal itu terjadi rambut akan mudah mengalami penipisan pada salah satu titik.

 

4. Terjadi penipisan rambut

Sebuah efek yang sangat ditakuti dari beberapa masalah kerontokan rambut yang terjadi adalah kebotakan atau penipisan pada rambut. Hal ini sungguh sangat tidak wajar, sudah menyebabkan rambut menipis. Apabila rambut sudah mulai menipis bisa dicek dengan cara membuat sebuah kunciran rambut lalu perhatikan perubahannya dari hari ke hari. Rambut yang semakin hari ke hari akan menipis maka kerontokan alami sudah melewati batas wajar.

 

Terlepas segalanya dari beberapa penyebab kerontokan rambut baik dari masalah kesehatan ataupun yang lain. Masalah kerontokan rambut harus lebih diperhatikan dengan lebih serius. Hal tersebut sangat mengganggu dalam mempengaruhi penampilan dan mengurangi kepercayaan diri.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts