Kamis, 24 Desember 2020

Merdeka Finansial
Bebas dari hutang dan merdeka finansial


Yang namanya punya hutang itu, meskipun sedikit pasti rasanya tidak enak dan jadi beban. Apalagi kalau sampai banyak dan bertumpuk. Hutang itu bisa yang bersifat pribadi kepada teman, saudara, atau keluarga inti, dan bisa juga yang bersifat resmi seperti cicilan motor, mobil, rumah, atau berbagai tagihan lainnya.


Memang sih nggak ada salahnya sih berhutang, apalagi kalau dalam keadaan darurat. Tapi yang jadi persoalan adalah kalau akhirnya kita kesulitan membayar hutang-hutang tersebut. Bukannya malah membantu, kita malah jadi terbebani dan merasa dikejar-kejar hutang. Akibatnya, kita jadi tidak bisa menikmati hidup yang berkualitas.



Mau kan hidup bebas hutang dan merdeka secara finansial ? 


Kalau gitu, ikuti cara-cara berikut ya.



  1. Bikin daftar semua hutang-hutang kamu, mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar


Biasanya, kita sering banget lebih terfokus pada hutang-hutang yang jumlahnya besar. Tetapi, ada baiknya kalau kamu berusaha melunasi hutang-hutang kecil terlebih dahulu, agar tumpukan beban berkurang. Misalnya saja, kamu memiliki beberapa cicilan, mulai dari cicilan smartphone, mobil, dan rumah. Tentu dari ketiganya, cicilan smartphone memiliki nominal pembayaran terkecil setiap bulannya. Bila memungkinkan, lunasi saja cicilan smartphone agar kamu bisa terfokus ke 2 hutang lainnya.


Hal yang sama juga berlaku untuk hutang pribadi. Coba pilih beberapa hutang dengan jumlah terkecil, lalu lunasi segera agar hutang kamu tak bertumpuk.



  1. Bikin rekening khusus untuk tabungan cicilan hutang 


Apakah kamu terbiasa menyatukan rekening gaji, pendapatan usaha, tabungan, dan pengeluaran untuk belanja? Nah, mulai sekarang coba buat rekening terpisah ya, agar kamu tidak akan tanpa sengaja menggunakan uang yang harusnya kamu pakai buat mencicil hutang.


Walaupun cara ini terlihat sederhana, tapi sangat ampuh lho untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran kamu agar dana yang akan kamu gunakan untuk mencicil hutang tidak terpakai untuk berbelanja.



  1. Disiplin dalam mencatat pengeluaran


Hal terakhir yang wajib juga kamu lakukan adalah selalu disiplin dalam mencatat pengeluaran, sekecil apapun itu. Dengan demikian, kamu akan selalu bisa menelusuri ke mana saja perginya uang yang kamu miliki.


Selain memudahkan mengecek pengeluaran kamu, catatan ini juga bisa kamu jadikan sebagai pengontrol supaya nggak kebablasan saat belanja online. Hmm.... urusan yang satu ini emang paling sulit dikontrol ya, apalagi kalau lagi ada berbagai diskon akhir tahun seperti sekarang ini hehehe.



  1. Walaupun sedang mencicil hutang, tetap alokasikan pendapatan kamu untuk tabungan dan investasi, walaupun nominalnya kecil


Banyak lho yang berpendapat bahwa saat sedang memiliki cicilan dan tagihan, lantas menabung dan berinvestasi itu tidak perlu dilakukan. Padahal itu salah besar. Sebisa mungkin, usahakan agar kamu tetap menyisihkan sedikit penghasilan kamu untuk menabung dan berinvestasi. Jangan sampai tidak dilakukan ya.


Nah, walaupun sekarang kamu belum terlalu paham soal investasi, nggak usah kuatir, karena sekarang sudah ada investasi deposito di digibank by DBS yang aman dan praktis untuk dilakukan.



Jadi, deposito dari digibank by DBS adalah salah satu produk investasi yang memiliki segudang kelebihan. Penasaran kan apa saja keunggulan investasi deposito ini ?

 

  1. Kamu bisa mulai berinvestasi dari setoran minimal yang sangat terjangkau, yaitu Rp 1 juta saja. 

  2. Kamu bisa memilih tenor periode deposito mulai dari 1 bulan

  3. Bunga deposito yang kompetitif, hingga 4,5% per tahun

  4. Seluruh proses investasi bisa kamu lakukan dari Aplikasi digibank by DBS yang dapat kamu akses 24 jam penuh setiap harinya. 


Oh ya, deposito online berbeda dengan tabungan biasa. Artinya, kamu tidak bisa seenaknya menarik uang yang kamu depositkan kapan saja, karena harus menunggu tanggal jatuh tempo. Untuk informasi lebih lengkap tentang deposito digibank by DBS, kamu bisa mengunjungi website-nya sekarang juga. 



Cara-cara di atas wajib dicoba bagi kamu yang ingin segera terbebas dari hutang dan bisa merdeka secara finansial. Tetapi yang paling penting adalah selalu disiplin dalam mengontrol pengeluaran kamu ya. Jangan sampai hutang yang sudah ada ditambah dengan hutang-hutang baru lainnya. Selamat mencoba !


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts