Minggu, 21 Februari 2021

Jantung Koroner
Jantung Koroner


Apakah Anda tahu bahwa klaim asuransi kesehatan seperti Allianz Syariah, banyak disebabkan oleh tertanggung yang mengalami penyakit jantung koroner ? Penyakit yang disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah utama ini sudah banyak diderita masyarakat luas.

Untuk terhindar dari penyakit jantung koroner yang merupakan faktor terbesar penyebab serangan jantung dan dapat menyebabkan kematian ini, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari. Hal-hal tersebut di antaranya adalah :


1. Merokok

Faktor risiko utama yang menyebabkan penyakit koroner adalah rokok. Pasalnya, kandungan nikotin serta karbon dioksida pada asap rokok akan membebani kerja jantung Anda. Hal tersebut karena dapat memacu jantung untuk bekerja lebih keras (berdetak lebih cepat). 

Adanya nikotin dan karbon dioksida di dalam darah akan meningkatkan risiko penggumpalan darah. Tidak hanya nikotin dan karbon dioksida, senyawa lainnya pada rokok juga dapat menyebabkan rusaknya dinding arteri pada jantung sehingga mengalami penyempitan.


2. Kadar Kolesterol yang Tinggi

Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang penting untuk proses pembentukan sel sehat. Namun jika kadar kolesterol terlalu tinggi terutama kolesterol jahat, maka dapat menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung koroner.

Saat kadar kolesterol di dalam darah tinggi, hal tersebut akan menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang menyebabkan pengerasan arteri. 

Pengerasan arteri dapat menurunkan kadar oksigen yang dapat diterima, sehingga akan menyebabkan gagal jantung.

Untuk dapat menghindari tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah, Anda dapat menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti makanan yang mengandung tepung yang digoreng dan juga seafood.


3. Pola Makan dan Pola Hidup yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat sangat erat kaitannya dengan tingginya kadar kolesterol dan juga penyakit obesitas. Penyakit tersebut juga merupakan salah satu faktor penyakit jantung koroner.

Kurangnya kuantitas dan juga kualitas tidur yang menyebabkan stress, dapat menjadi pemicu untuk makan berlebihan dan juga merokok atau juga mengkonsumsi minuman beralkohol. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat merusak otot-otot pada jantung.


4. Kurang Beraktivitas dan Olahraga

Saat Anda beraktivitas terutama berolahraga, kerja jantung akan meningkat dan akan berlaku seperti latihan terhadap jantung. 

Jika Anda kurang beraktivitas dan juga berolahraga, asupan yang Anda makan akan berubah menjadi lemak yang ditimbun. Itulah yang dapat meningkatkan risiko obesitas.

Maka dari itu, Anda harus melakukan olahraga secara teratur. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari penyakit jantung koroner yang akan menyertai penyakit obesitas serta tingginya tekanan darah dan kadar kolesterol.


Jika Anda tidak ingin berakhir dengan penyakit jantung koroner yang dapat mengakibatkan kematian, Anda harus menghindari 4 hal yang sebelumnya sudah kami jelaskan. Tentu saja Anda harus belajar untuk menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga dan juga menerapkan pola makan yang sehat.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts