Kamis, 23 September 2021

 

Cincin kawin
Cincin Kawin

Kilau berlian yang cantik selalu mampu memikat para wanita. Tidak heran, bahwa batu mulia ini menjadi pilihan tepat untuk dijadikan cincin kawin. Namun, jika kamu ingin membeli cincin tersebut, ada baiknya kamu berhati-hati.

Saat ini banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan berlian palsu sebagai ladang bisnis yang menguntungkannya. Nah, untuk itu yuk kenali beberapa ciri berlian asli berikut ini.

 

Ciri-ciri cincin kawin berlian asli

Berlian tidak mudah retak

Seperti yang sudah diketahui, berlian merupakan batu yang paling keras di bumi. Bahkan kekerasan sebuah batu berlian dapat mencapai 10 skala Mohs. Karena memiliki daya tahan yang tinggi, batu berlian tidak akan mudah retak, apalagi hancur. Hal ini yang membuatnya cocok untuk digunakan sehari-hari.

Jika berlian pada cincin kawin kamu retak saat terkena benturan ringan, maka keaslian benda tersebut perlu dipertanyakan. 

 

Berlian bisa memantulkan cahaya

Batu berlian yang asli dapat merefleksikan cahaya di setiap sisinya. Inilah yang membuat berlian dapat begitu berkilau jika dilihat dari berbagai sisi. Apabila berian yang kamu miliki palsu, biasanya yang terlihat berkilau hanya bagian atasnya saja.

Selain itu, berlian yang asli hanya mampu merefleksikan cahaya dalam warna abu-abu saja. Jika berlian yang kamu miliki mampu merefleksikan cahaya dalam berbagai warna, maka bisa  dipastikan bahwa berlian tersebut palsu. 

 

Percerminan pada berlian asli tidak jelas

Banyak orang yang mengira bahwa seseorang bisa melihat pantulan benda lain dengan jelas pada sisi berlian. Tetapi, kenyataannya berlian asli tidak memiliki refleksi yang jelas. Sifat berlian ini bisa menjadi faktor keaslian suatu berlian.

Cara mengetahuinya yaitu, letakkan berlian di atas sebuah koran. Pastikan cahaya di sekitar kamu terang. Jika kamu bisa membaca tulisan pada koran tersebut dengan jelas atau sedikit blur, maka kemungkinan, berlian yang kamu miliki tidak asli.

Pantulan gambar yang tidak jelas pada permukaan berlian disebabkan oleh sisi-sisi berlian asli tidak membiaskan cahaya dalam garis lurus, namun ke arah lain. Itulah sebabnya mengapa kamu tidak dapat membaca tulisan dari balik berlian.

Berbeda halnya dengan berlian palsu, kamu bisa membaca dengan jelas tulisan tersebut karena kaca membiaskan cahayanya dalam garis lurus. Selain itu, cara ini lebih mudah kamu lakukan pada berlian yang belum terpasang pada perhiasan. 

 

Batu berlian tidak bisa berkabut

Cara selanjutnya yaitu kamu bisa melakukan tes kabut pada berlianmu. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, terlebih pada berlian yang sudah terpasang di perhiasan. Bagaimanakah caranya? Kamu bisa menghembuskan nafas ke berlian tersebut.

Jika kabut pada  batu berlian tersebut hilang dengan cepat, maka batu berlian tersebut asli. Sebaliknya, jika kabut pada batu berlian tersebut mampu bertahan selama beberapa saat pada permukaan berlian, maka dapat dipastikan bahwa berlian yang kamu miliki palsu.

Hal ini disebabkan karena berlian memiliki sifat menghantarkan panas dari nafasmu dengan cepat. 

 

Berlian tidak bisa panas

Berlian mampu menyebarkan panas dengan cepat. Maka berlian yang asli tidak akan terasa panas bahkan hangat apabila terkena panas. 

 

Berlian tidak mengapung di air

Biasanya, para penipu menggabungkan berlian asli dengan palsu dibagian bawahnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan air. Batu berlian asli memiliki massa jenis yang tinggi. Sehingga batu berlian asli tidak akan mengapung saat berada di air. 

 

Nah, itulah beberapa ciri-ciri berlian cincin kawin dengan berlian asli. Semoga membantu.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts